Minggu, 07 Juni 2015

Warga Australia Peringati Perang Dunia di Tarakan

Kaltara Indonesia. TARAKAN - Sebanyak 43 warga Australia yang terdiri dari Veteran, Tentara Australia dan staf Kedubes Austalia  memperingati Hari Pahlawan Australia ( Australian and New Zealand Army Corps- Anzac Day) Ke 100 di Kota Tarakan.Acara yang dilaksanakan di Tugu Australia di Makodim 0907 itu (7/6) dihadiri oleh Walikota Tarakan H Sofyan Raga,Petinggi TNI Kota Tarakan dan beberapa veteran RI di Tarakan.

Perwakilan Kedutaan Besar Australia Jakarta, Bradley Armstrong mengungkapkan, peringatan Anzac Day ini baru pertama kalinya digelar di Kota Tarakan. selama ini, setiap tahun selalu dirayakan di Australia. Upacara ini sendiri, jelasnya,  untuk mengingat orang-orang atau tentara Australia yang meninggal di Kota Tarakan sewaktu melawan Jepang.

Peringatan Anzac Day merupakan hari pahlawan Australia untuk memperingati berakhir perang Dunia I dan Perang Dunia II. Tahun 2015 bertepatan dengan 100 tahun berakhir perang Dunia I dan 70 Tahun perang dunia II.

"Peringatan Anzac Day Ke 100 hari ini juga sekaligus  mempringati 70 tahun tentara Australia mendarat di Pulau Tarakan. Kami ingin memberi  penghormatan  kepada 220 tentara Australia yang telah gugur di medan perang saat melawan Jepang. " ucap Bradely.***




Tidak ada komentar:

Posting Komentar