Minggu, 29 Juli 2018

HUT Kaltara

Momentum Hari Jadi Kaltara Ke 5 : Terima Kasih dan Penghargan Masyarakat Kepada Pemimpinnya
Hari ini, 22 April 2018 tepat 5 tahun usia Provinsi Kalimantan Utara ( Kaltara ). Hari jadi yang mengingatkan dimulainya perjalanan pemerintahan provinsi termudah di negeri ini untuk membangun dan mengangkat harkat dan martabat masyarakat Kaltara.

Apa makna yang bisa kita dapatkan dari 5 tahun usia Provinsi Kaltara hari ini. Seperti kata Abraham Lincoln, mantan Presiden AS ” dan kelak, yang paling penting, bukan berapa lama tahun yang kamu lewati. Tetapi, bagaimana kamu menjalani kehidupanmu sepanjang tahun-tahun tersebut”.


Sampai disini saya baru ingat, biasanya ketika seseorang berulang tahun, kita biasanya memberikan hadiah. Hadiah apa saja sebagai wujud kita merupakan bagian kehidupannya, hadiah yang menunjukan perhatian dan rasa sayang serta hormat kita kepadanya.

Pertanyaan, di hari jadi ke 5 ini, hadiah apa yang saya berikan kepada Provinsi Kaltara? mengutip adagium populer ” jangan tanyakan apa yang saya provinsi ini berikan buat kamu tapi tanyakan apa yang telah kamu berikan untuk provinsi ini”. Saya tersenyum sendiri. Mengingat-ngingat,” Jangankan hadiah, dari masa-masa kehidupan yang kita jalani selama 5 tahun di provinsi ini, belum ada yang kita buat untuk Kaltara?”.

Kembali kepada ucapan Abraham Clinton tersebut. Mungkin, banyak dari kita yang selalu mengritik, menuntut banyak dan mencari-cari kesalahan pemimpin kita. Sementara kita sendiri tidak tahu dan tidak berbuat apa-apa. Padahal, Orang lain dan orang yang telah memimpin kita telah bersusah payah berbuat banyak buat daerah ini dan masyarakat.

Bicara hari jadi Provinsi Kaltara dan bicara perjalanan Pemerintah Provinsi Kaltara, tentu tidak terlepas dari sosok pemimpin yang bernama Irianto Lambrie. Dilantik sebagai Pj Gubernur Kaltara ( PJ Pertama ) 22 April 2013 di Jakarta. Artinya beliau orang pertama sebagai Kepala Pemerintahan Provinsi Kaltara.

Di hari itulah, sebagai single fighter, tanpa staf dan kantor, beliau memulai melaksanakan tugas-tugas pemerintahan Provinsi Kaltara. Berkat pengalaman, kapasitas dan kapabilitas yang dimilikinya, beliau bisa membangun fondasi dan struktur Pemerintahan Provinsi Kaltara. Dan, meletakan dasar-dasar pembangunan di Kaltara. Kemudian, berlanjutnya terus ketika beliau terpilih sebagai Gubernur Kalimantan Utara dan dilantik bersama wakilnya H Udin Hianggio tanggal 12 Februari 2016 oleh Presiden Joko Widodo di Jakarta

Usia Kaltara yang sudah 5 tahun ini memang masih muda, tapi saya menolak Menganalogikan Usia 5 tahun provinsi ini seperti seorang balita. Menurut saya, tidak tepat dan terkesan kekanak kanakan. Terlalu naif dan skeptis. Bicara pemerintahan ukuran dan indikatornya pencapaian pasti jelas dan banyak instrumen yang digunakan.

Tapi, hari ini saya tidak ingin kita menjadi normatif. Kemudian bicara regulasi, indikator, statistik, serta bicara data-data untuk menilai kemajuan dan perkembangan Kaltara di usianya ke 5 tahun ini. Saya lebih ingin bicara realitas dan logika sederhana tapi rasional sebagai refleksi diri kita semua.

Maksudnya begini, saya menyakini sebagian besar masyarakat Kaltara memberikan penilaian positif terhadap Pemerintah Provinsi Kaltara. Penilaian ini saya simpulkan dari komentar komentar yang yang saya terima baik secara langsung maupun melalui media sosial.

Mereka mengaggap bahwa Pemerintahan Provinsi Kaltara sekarang sudah lebih akselerated, artinya sudah berjalan dengan baik secara optimal. On the track, sudah sesuai aturan, goals dan kebutuhan masyarakat. On the control, artinya masyarakat dapat memantau secara transparan program kegiatan pembangunan yang dilaksanakan Pemprov Kaltara

So, pertanyaannya, apalagi sih yang harus dilakukan oleh Gubernur? program sudah berjalan, sudah terbuka, transparan, sesuai aturan, sesuai target dan sesuai kebutuhan. Jika realitas pembanding yang dibangun hari ini Kaltara ini harus seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya dimana banyak Mall, Pusat Pemberlanjaan, pusat hiburan dan Jalan tol. Nanti dulu, bro. Berarti anda salah besar.

Tapi, jika kebijakan, program dan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan Gubernur Kaltara sudah tepat pada waktu yang tepat, bentuk yang tepat, kebutuhan dan peruntukan yang tepat. Itu baru benar. Masa provinsi baru, harus bangun Mall dan bangun pusat hiburan dulu.

Lihat, Pembangunan Kantor Gubernur Kaltara, Perluasan Bandara Tanjung Harapan sehingga pesawat Atr 700 bisa melayani penerbangan Tanjung Selor, Rumah Sakit Perbatasan, beasiswa pendidikan, pemekaran daerah otonom, dan banyak lagi program lainnya seperti kerjasama dengan berbagai pihak yang relevansinya terukur dan fundamental. Jika kita susun dalam tulisan ini pasti tidak cukup dan tulisan ini akan berubah jadi makalah.

Selain itu, yang paling menonjol dari pemerintahan provinsi ini adalah, figur Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie. Kemampuan komunikasi dan personaliti yang dimiliki beliau menjadi leverage (nilai ungkit ) bagi Performance Pemerintah Provinsi Kaltara, setidak kelebihan ini memudahan provinsi ini mendapat perhatian lebih dari pemerintah pusat dan pejabat tinggi negeri ini terutama dari presiden dan dan wapres .

Trust yang dibangun beliau dengan menjalin komunikasi dengan kementerian, investor dan lembaga strategis lainnya terbukti telah mengangkat derajat provinsi ini lebih tinggi dan terhormat dalam pergaulan nasional. Kapasitas dan kapabilitas intelektual yang dimiliki beliau, telah memberikan brand yang positif sebagai kepala daerah yang smart. Sebuah kebanggan bagi masyarakat Kaltara.

Oleh karena itu, tepat rasanya di usia Kaltara yang ke lima ini, masyarakat Kaltara, sebagai hadiah hari ini, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setulus-tulusnya kepada Gubernur Kaltara Bapak Irianto Lambrie dan jajarannya atas kerja keras, pengabdian dan jasanya selama ini membangun masyarakat Kaltara agar lebih maju dan sejahtera.

Semoga Tuhan selalu melindungi bapak gubernur dan keluarga, serta selalu diberikan kesehatan dan kekuatan, agar bapak bisa melaksanakan tugas membangun Kaltara, bisa mewujudkan cita cita, visi dan mimpi bapak yang menginginkan Kaltara tedepan, serta dapat melihat hasil kerja keras bapak saat mengakhiri jabatan tahun 2026 nanti. Amiin.# Redaksi”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar